Drs. Bandono, MM

Guru Pembimbing dan Koordinator TIK SMA Negeri 7 Yogyakarta

Makalah: Komunikasi

Monday Wage, 11 June 2007 — Makalah

Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok. Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak disadari komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri, paling tidak sejak ia dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya. Gerak dan tangis yang pertama pada saat ia dilahirkan adalah tanda komunikasi (Widjaja, 1986).

Sementara itu, untuk menjalin rasa kemanusiaan yang akrab diperlukan saling pengertian sesama anggota masyarakat. Dalam hal ini faktor komunikasi memainkan peran penting, apalagi bagi manusia modern. Manusia modern yaitu manusia yang cara berpikirnya tidak spekulatif, tetapi berdasarkan logika dan rasional (penalaran) dalam melaksanakan segala kegiatan dan aktivitasnya. Kegiatan dan aktivitasnya itu akan terselenggara dengan baik melalui proses komunikasi antar manusia. Komunikasi telah menjadi bahan dari kehidupan manusia. Berhasilnya suatu komunikasi ialah apabila kita mengetahui dan mempelajari unsur-unsur yang terkandung dalam proses komunikasi. Unsur-unsur yang dimaksud adalah sumber (resource), pesan (message), saluran (chanel, media) dan penerima (receiver, audience).

Selengkapnya… (dalam format PDF)

15 tanggapan

  1. Muslimin — 14 September 2007 pukul 5:45 WIB

    saya setuju dengan apa yang anda utarakan. memang benar tanpa komunikasi manusia tidak ubahnya dengan batu, yang hanya bisa diam membisu.

  2. Sri Windarti — 6 December 2007 pukul 8:34 WIB

    Manusia diciptakan oleh Allah adalah agar satu sama lain saling berkomunikasi, dengan berkomunikasi manusia akan merasakan / mengetahui betapa besar kekuasaanNya. tentunya dalam berkomunikasi harus memakai etika dimana dalam al-quran merupakan dasar yang paling lengkap. ( Sri Windarti 05420607 kel. H )

  3. yosep Setiawan, S.Pd — 31 March 2008 pukul 9:32 WIB

    pa bandono tolong minta dikirim silabus BP/BK juga berikut format evaluasi analisis bp/Bk nanti ongkos kirimnya diganti terima kasih ke sekolah kami SMA N 1 Banjarsari Ciamis alamatnya Jl. Raya Km.3 Banjarsari ciamis 46383

  4. ary — 4 October 2008 pukul 12:07 WIB

    pak, bisa dikirimkan materi tentang Komunikasi.
    saya ada tgas kuliah untuk membuat makalah, Tema Kominakasi.
    bisakah bapak membantu..
    harap segera.
    trima kasih

  5. muhamad arifin — 8 November 2008 pukul 10:58 WIB

    Pak tolong kirimin makalah tentang hadist yang berhubungan dengan takdir manusia minimal 5 hadist.penting pak…minta bantuannya buat tugas kuliah.thanks from Mahasiswa IAIN sunan ampel surabaya!!

  6. shakira — 12 December 2008 pukul 8:07 WIB

    tapi komunikasi sering diartikan seseorang sebagai pembicaraan yang terlalu muluk-muluk apabila pesan yang disampaikan tidak terlalu penting

  7. DADANG SYAFARUDIN — 19 February 2009 pukul 16:45 WIB

    bagus saya sangat tereksan tulisan bapak semoga kita dapat bertukar pikiran

  8. warsiyani — 20 April 2009 pukul 16:39 WIB

    selamat sore pak
    saya sangat setuju pendapat bapak bahwa komunikasi sangat baik untuk menjalin hubungan antar sesama manusia dan lingkungan

  9. Jery Aditya — 20 November 2009 pukul 22:32 WIB

    Saya da tugas membuat makalah komunikasi saya mengambil tema surat elektronik saya mohon bantuannya untuk memberi saran web yang harus saya kunjungi….
    Terima Kasih

  10. Nurhadi, A.Md — 7 April 2010 pukul 7:56 WIB

    Saya sepakat dengan artikel Bapak tentang komunikasi. Kalau boleh saya tambahkan, secara global, komunikasi sebanarnya tidak hanya pada tingkat individu/manusia saja. Namun lebih luas lagi bahwasannya komunikasi juga penting terjadi antara manusia dengan alam, antara manusia dengan Sang Khaliq. Karena pada dasarnya, manusia adalah makhul sosial yang senantiasa terkait baik dengan dirinaya sendiri maupun dengan alam sekitarnya dan Penciptanya. Terima kasih kepada bapak, dan saya mohon izin untuk men-download artikel ini dan akan saya jadikan referensi saya.
    Wassalam

  11. mardianis — 27 December 2010 pukul 9:05 WIB

    saya setuju dengan pendapat bapak, dan saya punya pendapat yang lainnya yaitu :
    komunikasi yang baik menurut saya komunikasi yang lahir secara alamiah, terlahirkan dengan didorong oleh asrat yang paling dalam, spontan dan tanpa mengada-ada. orang berkomunikasi dengan dibumbui oleh macam-macam trik tak obahnya melampisi emas pada besi yang akhirnya pudar dan membosankan. Seperti bayi yang menangis sebagaimana bapak jelaskan di atas, keadaan anak kita disaat ia merasa takut dan salah, keadaan di mana kita berdoa dengan menangis yang tak henti-hentinya mohon ampunan dari Allah YME. juga bagaimana seekor kucing mengeong minta makan.
    terimakasih dan mohon maaf dari saya bila ada kekeliruan

  12. A.Wasis.P — 10 October 2011 pukul 10:55 WIB

    90% penyebab ,Perceraian,kegagalan Bisnis,Karier,pegaulan disebabkan karena kurang cerdasnya dan cerdiknya berkomunikasi
    walaupun komunikasi bukan Panasea

  13. sobri — 2 November 2011 pukul 10:53 WIB

    pak tolong kirimkan artikel yg luas tentang komunikasi dan hubungkan dengan komunitas trmkasih

  14. setyo — 5 December 2011 pukul 15:09 WIB

    belajar untuk berbiara secara efektif dengan mendengarkan secara efektif

  15. omri tampani — 21 January 2013 pukul 18:18 WIB

    saya sangat setuju dengan itu karna tanpa komunikasi manusia tidak dapat berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain

Silakan berkomentar melalui formulir berikut: