Drs. Bandono, MM

Guru Pembimbing dan Koordinator TIK SMA Negeri 7 Yogyakarta

Supervisi SKM

Wednesday Kliwon, 14 October 2009 — Lain-lain

Tepatnya hari senin 12 Oktober 2009 sampai dengan selasa tanggal 14 Oktober 2009 di Kampus SMA Negeri 7 Yogyakarta kedatangan 2 petugas supervisi pelaksanaan dan kerlaksanan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) dari Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SMA yaitu Bapak Ndaruworo dan Ibu Dra. Siti Bakhryatie diterima oleh Bapak Drs. Mawardi Selaku Kepala Sekolah.

Dalam pelaksanaan supervisi didampingi Tim KTSP yang dikomandani Ibu Dra. Baniyah selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum menyiapkan dokumen dan perlengkapan yang dibutuhan meliputi 9 indikator diantaranya: 1) Standar Isi meliputi; kepemilikan dokumen kurikulum dan komponen KTSP 2) Standar Kompetensi Lulusan meliputi; pencapaian KKM mata pelajaran, pencapaian SKL mata pelajaran, standar kelulusan ujian nasional dan ujian sekolah dan lulusan yang diterima di perguruan tinggi 3) Standar proses meliputi; penyiapan perangkat pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil belajar dan pengawasan proses pembelajaran 4) Standar Pendidik dan Kependidikan meliputi; kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. 5) Standar Sarana dan Prasarana meliputi; satuan pendidikan, lahan, bangunan gedung, ruang kelas, ruang perpustakaan, laboratorium fisika, kimia, biologi, komputer, bahasa, ruang pendidik dan tenaga kependidikan, tempat beribadah, ruang bimbingan dan konseling, ruang UKS, dan OSIS, jamban, gudang dan ruang bermain atau olahraga. 6) Standar Pengelolaan meliputi; perencanaan program, pedoman sekolah, struktur organisasi sekolah, pelaksanaan bidang kesiswaan, pelaksanaan kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan rencana kerja bidang pendidik dan tendik, pelaksanaan bidang sarana dan prasarana, pelaksanaan keuangan dan pembiayaan, pelaksanaan budaya dan lingkungan sekolah, pelaksaan peran serta masyarakat dan kemitraan sekolah, pengawasan , evaluasi, akreditasi, kepemimpinan sekolah, dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) 7). Standar Pembiayaan meliputi; jenis pembiayaan, sumber pembiayaan, dan program pembiayaan. 8) Standari penilaian pendidikan meliputi; perangkat penilaian, pelaksanaan penilaian, dan hasil penilaian. 9) Kesiapan sekolah dan Dukungan Eksternal meliputi; kesiapan dukungan internal dan eksternal. Semua materi tersebut diatas sesuai dengan item yang ada dan dokumen yang ada.

Pada hari kedua selasa tanggal 13 Oktober 2009 diadakan cek hasil yang dipaparkan kepada semua tim KTSP SMA Negeri 7 Yogyakarta barangkali ada item-item yang belum terisi dan diadakan diskusi yang berhubungan dengan berbagai persoalan KTSP dan SKM bersama 2 petugas dengan harapan ada beberapa aspek yang belum masuk. Setelah selesai diadakan ceking intem soal dilanjutkan keliling dilingkungan sekolah untuk melihat secara dekat baik itu proses pembelajran dan ruang maupun fasilitas yang dimiliki oleh SMA Negeri 7 Yogyakarta. Untuk hasilnya kita tunggu bulan depan. BRAVO SEVENERS.

1 tanggapan

  1. Kamelia Dewi Muliani — 12 December 2009 pukul 8:32 WIB

    Sekolah kami juga akan di supervisi..khusus untuk BK apa saja yang harus dipersiapkan?

Silakan berkomentar melalui formulir berikut: